Bandara Internasional Kualanamu

Bandara di Sumatra Utara

Posted on

Ada cukup banyak bandara di Sumatra Utara. Akan tetapi, mungkin yang kamu ketahui hanya beberapa, salah satu yang terkenal seperti Bandara Internasional Kualanamu.

Sumatra Utara (Sumut) salah satu provinsi di Indonesia ini terbilang memiliki daya tarik dan trafik yang cukup tinggi, salah satunya adalah di Kota Medan.

Banyak orang-orang atau masyarakat Sumatra Utara yang pergi merantau ke beberapa wilayah seperti Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Atau malah sebaliknya, banyak perantauan yang datang dari penjuru Indonesia ke Sumatra Utara.

Maka dari itu, dibutuhkan adanya fasilitas transportasi yang memadai. Bukan hanya melalui jalur darat dan jalur laut, melainkan hingga jalur udara.

Lantas, apa saja bandara di Sumatra Utara yang terkenal dan dapat digunakan sebagai wilayah operasi bagi penerbangan?

Bandara di Sumatra Utara

Bandara Internasional Kualanamu

1. Bandara Internasional Kualanamu

Bandara Internasional Kualanamu atau dalam bahasa Inggris dinamakan Kualanamu International Airport merupakan salah satu bandara yang berada di wilayah Kabupaten Deli Serdang.

Bandara Internasional Kualanamu menjadi salah satu bandara terbesar ketiga, setelah Bandara Internasional Soekarno – Hatta dan Bandara Internasional Kertajati.

Uniknya, lokasi bandara di sini merupakan lokasi bekas dari areal perkebunan milik PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa.

Bandara Internasional Kualanamu apabila menuju ke salah satu universitas di Sumatra Utara, yakni Universitas Sumatra Utara (USU) juga tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 40 km atau dengan waktu tempuh kurang lebih selama 45 menit.

2. Bandara Internasional Sisingamangaraja XII

Selain dari Bandara Internasional Kualanamu sebagai salah satu bandara di Sumatra Utara, adapula Bandara Internasional Sisingamangaraja yang juga melayani rute mancanegara.

Bandara Internasional Sisingamangaraja atau dalam bahasa Inggris dinamakan dengan Sisingamangaraja XII International Airport merupakan bandara yang berada di Kabupaen Tapanuli Utara.

Selain itu, biasanya banyak orang atau masyarakat yang mengenalnya dengan nama Bandara Internasional Silangit.

Uniknya dari bandara ini ialah dapat dipergunakan untuk fast access bagi yang ingin berwisata ke Danau Toba.

Hal ini dikarenakan lokasi bandara dengan pusat wisata Danau Toba yang sangat berdekatan. Berbeda dengan bandara lain yang harus membutuhkan waktu hingga berjam-jam lamanya untuk sampai ke Danau Toba.

Terlebih lagi, Pemerintah telah secara resmi menetapkan kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) agar dapat menjadi kebanggan Indonesia.

Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) itu mencakup:

  • Danau Toba di Sumatra Utara
  • Candi Borobudur di Jawa Tengah
  • Mandalika di Nusa Tenggara Barat
  • Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur
  • Likupang di Sulawesi Utara

3. Bandara Aek Godang

Bandara Aek Godang merupakan bandara yang berada di Kec. Batang Onang, Kab. Padang Lawas, Prov. Sumatra Utara.

Lokasi bandara ini terbilang sangat jauh dari pusat Kota Medan.

Bandara ini digunakan untuk pesawat kecil yang mendarat maupun lepas landas. Landasan pacu yang pendek membuat bandara ini hanya bisa mengangkut penumpang dalam jumlah yang sedikit

4. Bandara Binaka

Bandara Binaka merupakan bandara yang berada di Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatra Utara.

Khusus untuk bandara yang satu ini hanya melayani penerbangan dalam wilayah domestik saja. Beberapa maskapai terkenal juga melayani rute ini, seperti Citilink, Garuda Indonesia, Susi Air, dan Wings Air.

5. Bandara Sibisa

Bandara Sibisa merupakan bandara yang dapat dengan baik mendukung perkembangan pariwisata yang ada di daerah, apalagi letaknya dekat dengan kawasan wisata.

Bandara Sibisa juga sangat direkomendasikan untuk pelancong yang ingin berwisata ke sekitaran wilayah Danau Toba, karena letaknya yang berdekatan.

Akan tetapi, bandara yang satu ini masih terbilang cukup kecil dan masih perlunya potensi pengembangan yang lebih baik lagi ke depannya.

Frequently Asked Question (FAQ)

Bandara apa saja yang ada di Sumatra Utara?

Bandara Internasional Kualanamu, Bandara Internasional Sisingamangaraja XII, Bandara Aek Godang, Bandara Binaka, Bandara Dr. Ferdinand Lumban Tobing, Bandara Sibisa, dan Bandara Lasondre.

Ada berapa bandara di Sumatra Utara?

Ada sebanyak 7 bandara, 2 di antaranya melayani rute penerbangan internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.